Apakah Blog ini membantu Anda?

Rabu, 01 Desember 2010

Telemarketing

Semua bisnis online, google adsense, paid to click, paid to learn, paid to read merupakan bentuk-bentuk penerapan telemarketing.

Telemarketing (terkadang disebut sebagai sales internal) atau telesales adalah suatu metode penjualan langsung dimana seorang salesman mengumpulkan pelanggan-pelanggan yang prospektif untuk membeli produk-produk atau pelayanan jasa melalui telepon atau melalui diskusi online berbasis internet. Telemarketing juga bisa berbentuk mesin penjawab otomatis yang menjelaskan suatu produk atau layanan melalui saluran telepon. Belakangan ini, telemarketing dipandang sebagai suatu gangguan privasi oleh banyak orang.

Pada tahun 1950-an sebuah perusahaan Amerika yaitu DialAmerica Marketing, Inc menjadi perusahaan pertama yang berdedikasi pada penjualan melalui telepon. Pada tahun 1976 perusahaan tersebut dijual kepada Time, Inc. suatu majalah terbesar yang menyediakan penjualan dan layanan melalui telepon. Tata cara telemarketing secara luas dipergunakan di sekitar akhir 1970-an.

Telemarketing bisa dilakukan dari sebuah kantor, call centre, ataupun rumah tangga. Bisa jadi melibatkan operator atau alat penjawab telepon otomatis yang dikenal sebagai telemarketing otomatis dengan menggunakan siaran suara.

Suatu proses telemarketing yang efektif biasanya melibatkan dua atau lebih panggilan telepon. Panggilan pertama untuk menentukan kebutuhan pelanggan. Panggilan terakhir memotivasi pelanggan untuk melakukan pembelian. Pelanggan-pelanggan prospektif diidentifikasikan melalui banyak cara, termasuk catatan pembelian sebelumnya,  catatan permintaan informasi sebelumnya, dan formulir pendaftaran yang pernah diisi sebelumnya. Nama-nama pelanggan juga bisa didapatkan dengan membeli dari database perusahaan lain atau didapatkan dari buku telepon.

Organisasi sosial, perkumpulan alumni, dan partai politik biasanya menggunakan telemarketing untuk menggalang dana. Penyelidikan pasar oleh suatu perusahaan biasanya menggunakan teknik telemarketing untuk melakukan survey respon penerimaan dari pelanggan terhadap suatu produk atau layanan. Teknik telemarketing juga bisa berbentuk e-mail atau fax yang banyak dianggap sebagai spam oleh masyarakat saat ini.

Telemarketing telah mempunyai nama negatif karena dihubung-hubungkan dengan "scams" dan "frauds". Telemarketing juga dikritik sebagai praktek bisnis yang tidak etis karena adanya persepsi sedikit memaksakan saat komunikasi via telepon. Panggilan telemarketing juga mengganggu bila dilakukan pada jam makan siang, makan malam, pagi hari, atau terlalu malam.

Tren telemarketing saat ini menggunakan panggilan robot yang berpotensi semakin mengganggu pelanggan dan terkadang tidak dapat diblokir.

Tetapi terlepas dari cerita-cerita negatif mengenai telemarketing, terbukti teknik penjualan ini bila dilakukan dengan santun dan benar dapat memberikan efek penjualan yang efektif.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar